Rabu, 20 Juli 2011

Dasar-dasar penggunaan internet/intranet

Apa sih yang dimaksud dengan internet? Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia (wikipedia).
menurut pendapat saya "internet merupakan suatu jaringan komputer yang terhubung dengan jaringan komputer yang lain dalam cakupan wilayah yang sangat luas", dengan skala jarak > 10.000 Km. Pernahkah terpikirkan oleh kalian bahwasannya internet menjadi sebuah teknologi yang luar biasa manfaatnya pada saat ini, internet bukan saja untuk mencari/mendapatkan informasi tetapi lebih dari itu, kita juga dapat berkomunikasi, bertransaksi, mengaktualisasikan diri. 
jadi inget pada zaman dahulu waktu masih berstatus siswa SMP, susah sekali berkomunikasi dan kita harus rela mengantri di telepon umum, bisa dihitung berapa teman yang sudah memiliki HP (handphone) dikarenakan harganya yang mahal, tetapi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat pada saat ini komunikasi dapat dengan mudah dilakukan melalui internet.



Sejarah Internet.
    Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
    Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
    Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 Universitas saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
    Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet (wikipedia)
    silahkan kalian liat video sejarah internet berikut ini :






    apa yang dimaksud dengan Intranet ?

    Sebuah intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

    Kelebihan
    Kebutuhan intranet didorong oleh beberapa tekanan teknologi yaitu :
    • Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri
    • Intranet lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
    • Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
    • Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya suksesnya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan.
    Manfaat penggunaan intranet untuk sekolah:
    • Membantu dalam membuat pengajaran, pembelajaran di sekolah lebih mudah
    • Membantu dalam mengembangkan kurikulum yang akan mempersiapkan siswa untuk masa depan
    • Memberikan siswa lebih banyak informasi untuk menambahkan kurikulum pengajaran
    • Membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu
    • Membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktek profesional perpustakaan di negara-negara maju di tingkat sekolah.

      Tidak ada komentar:

      Poskan Komentar