Jumat, 05 Agustus 2011

Berbagai Aplikasi Internet

Aplikasi internet yang banyak digunakan pada saat ini adalah : World Wide Web (WWW), E-mail, Mailing List (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat (IRC), File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher dan Ping.
  1. World Wide Web (WWW) adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. dokumen web tersebut dibuat dengan dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext markup language (HTML).
  2. Electronic Mail (e-mail) atau aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. analoginya mengirimkan email sama dengan mengirimkan surat konvensional/tradisional, surat tersebut harus diberi isi dan informasi alamat tujuan agar dapat sampai tepat sasaran. email merupakan alat komunikasi yang mudah, murah dan cepat serta tidak terpisahkan dengan batas teritorial negara. inilah 10 situs yang menyediakan layanan Email gratis :
    • Gmail: (http://gmail.com)
    • Ymail: (http://mail.yahoo.com)
    • Aol: (http://mail.aol.com/)
    • Hotmail : (http://www.hotmail.com)
    • Plasa: (http://mail.plasa.com)
    • Inbox: (http://www.inbox.com)
    • Mail.com : (http://www.mail.com)
    • TelkomNet: (http://webmail.telkom.net/)
    • Gawab.com: (http://gawab.com)
    • GMX : (http://www.gmx.com)
  3. Mailing List (Milis) adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama. Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers. contoh penyedia layanan milis : yahoogroups, googlegroups
  4. Newsgroup adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dgn yg lain guna membahas suatu topik dalam sebuah forum. Grup-grup akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. 
  5. Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi. contoh software IRC : mIRC, XChat, Colloquy, JedIRC, xIRC, dll.
  6. File Transfer Protocol (FTP) adalah sebuah protokol jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file dari satu host ke host yang lain melalui jaringan berbasis TCP (Transmission Control Protocol) seperti Internet. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan(download) dan pengunggahan(upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. contoh software ftp yaitu : FileZilla, WinSCP, FireFTP, dll.
  7. TELNET (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di Internet atau jaringan lokal area untuk fasilitas komunikasi interaktif dua arah berorientasi teks menggunakan koneksi virtual terminal. 
  8. Gopher adalah sistem protokol, yang merupakan bentuk awal World Wide Web, memungkinkan server yang berbasis teks file menjadi terorganisir dengan baik (hirarki) dan mudah dilihat oleh pengguna yang mengakses server menggunakan aplikasi Gopher. Awalnya browser Gopher hanya bisa menampilkan teks berbasis file sebelum di kembangankannya HyperGopher, yang mampu menangani format grafis sederhana meskipun mereka tidak pernah digunakan secara luas karena pada saat World Wide Web dan perusahaan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) mendapatkan popularitas, dan memiliki fungsi yang sama dan lebih luas.
  9. Ping (Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa konetivitas antara host dengan host yang lain pada jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya. Contoh ping pada Microsoft Windows : 
    C:\>ping www.google.com
    Pinging www.l.google.com [64.233.183.103] with 32 bytes of data:
    
    Reply from 64.233.183.103: bytes=32 time=25ms TTL=245
    Reply from 64.233.183.103: bytes=32 time=22ms TTL=245
    Reply from 64.233.183.103: bytes=32 time=25ms TTL=246
    Reply from 64.233.183.103: bytes=32 time=22ms TTL=246
    Ping statistics for 64.233.183.103:
        Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
    Approximate round trip times in milli-seconds:
        Minimum = 22ms, Maximum = 25ms, Average = 23ms
  10. VOIP (Voice Over Internet Protocol) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan data suara dikirimkan melalui internet. Voip memungkinkan kamu dapat berbicara lansung dengan orang lain ditempat yang jauh. Namun berbeda dengan telepon, yang mengirimkan suara melalui jaringan telepon, Voip mengirimkan suara melalui jaringan internet. Keuntungannya biaya percakapan menjadi lebih murah karena biaya yang dikeluarkan hanya merupakan biaya koneksi internet.          


      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar